SEKILAS INFO
  • 3 tahun yang lalu / Ayoo makmurkan masjid kita…
WAKTU :

NIGGELA SATIVA

Terbit 2 July 2019 | Oleh : admin | Kategori :
NIGGELA SATIVA

Ada banyak ramuan atau herbal yang saat ini beredar di tengah masyarakat. Beberapa diantaranya, memang khas Indonesia, dimana bahan dan budidayanya menjadi herbal adalah temuan masyarakat Indonesia asli. Namun ada beberapa herbal yang bahannya bukan asli dari tumbuhan Indonesia, semacam ginseng, ada juga herbal yang berkembang di negara lain tetapi bahan dasarnya atau jenis tanamannya ada pula di negara kita. Termasuk di dalam kategori ini adalah Niggela Sativa.

Penggunaan Niggela Sativa sebagai tanaman obat memang berkembang dikawasan Timur-tengah dan kawasan gurun lainnya semacam Etyopia. Di Indonesia tanaman jenis ini sesungguhnya banyak didapati dan sering dipakai oleh Ibu-ibu rumah-tangga sebagai bagian dari bumbu dapur. Nama Indonesia dari Niggela Sativa adalah Jintan Hitam atau ada juga yang menyebutkan sebagai Habatussauda. Namun untuk kepentingan obat, Jintan Hitam dari Indonesia dinilai kurang bagus. Jintan Hitam dari Etyopia adalah yang paling baik untuk dijadikan bahan herbal.

Meningkatkan imunitas tubuh

Jintan hitam atau niggela sativa diantaranya ditengarai mampu meningkatkan produksi sel T di dalam tubuh manusia. Sel T memiliki fungsi di dalam peningkatan kekebalan atau imunitas tubuh. Profesor G Reimuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, juga menyatakan bahwa ramuan niggela sativa dapat digunakan sebagai bio-regulator, dan ia menyatakan sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Menetralkan racun di dalam tubuh

Salah satu kandungan penting lainnya dari niggela sativa adalah saponin. Saponin yang dihasilkan oleh niggela sativa ini sangat membantu dalam proses netralisasi dan pembersihan racun di dalam tubuh. Mengkonsumsi Niggela sativa dengan demikian akan membantu tubuh dalam menghilangkan berbagai racun yang bersarang, akibat pola makanan dan polusi.

Meningkatkan Konsentrasi dan daya ingat

Jika anda atau ada diantara keluarga anda yang sudah pelupa pada usia yang relatif muda, ada baiknya anda mencoba mengkonsumsi jintan hitam ini. Kandungan asam linoleat  dalam jintan hitam yakni omega 6 dan Omega 3, merupakan nutrisi penting bagi bagi sel otak. Dengan kandungan zat ini, peredaran darah ke otak juga akan semakin lancar.

Mengkonsumsi secara rutin Niggela sativa diyakini banyak pihak akan meningkatkan daya konsentrasi otak. Sehingga daya ingat menjadi baik dan kecerdasan akan meningkat. Jintan hitam bisa di konsumsi oleh anak-anak dan kalangan usia lanjut.

Anti Bakteri

Kandungan lain dari Niggela sativa adalah minyak atsiri dan volatif. Apa fungsi dari kedua zat ini? Minyak atsiri sesungguhnya telah lama dipakai oleh berbagai kalangan masyarakat untuk mengobati penyakit diare. Sementara itu minyak volatif adalah anti bakteri yang sangat bagus.

Pada tahun 1992, sebuah jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampuh dalam membunuh strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti Ampicillin dan Tetracillin.

Prof. Hembing Wijayakusumah, menambahkan fungsi-fungsi lain dari jintan hitam sebagai obat yang antara lain menurut beliau, dapat dipakai untuk  mengobati sakit perut, disentri, keracunan jamur, perut kembung, obat batuk,radang lambung, gonorrhoea, lepra, digigit ular, wasir, cacar air, dan
lain-lain.

Keunggulan jintan hitam sebagai obat adalah; tidak akan menimbulkan efek samping bagi para penggunanya. Jadi anda tidak perlu takut untuk sekedar mencoba-coba terlebih dahulu, sebelum anda secara rutin mengkonsumsinya. Herbal dalam berbagai kemasan, minyak dan kapsul saat ini cukup mudah di dapati di berbagai warung herbal di tanah air. Harganya pun relatif murah. Selamat mencoba. (HTA)

 

*Artikel ini pernah dimuat di Majalah Bandara (Inhouse mag. Angkasa Pura II) edisi Desember 2010

SebelumnyaBUNG HATTA SesudahnyaTAWAKKUL KARMAN  IBU REVOLUSI (Muslimah Pertama yang memperoleh Nobel Perdamaian)

Artikel Lainnya