SEKILAS INFO
  • 3 tahun yang lalu / Ayoo makmurkan masjid kita…
WAKTU :

Sekilas Info Masjid At Tammimah

Terbit 22 May 2019 | Oleh : admin | Kategori : Dinamika
Sekilas Info Masjid At Tammimah

Sejarah Masjid At-Tammimah

Pada akhir tahun 1999 Perumahan Taman Kenari Jagorawi yang berlokasi di Desa Puspasari Kec. Citeureup Bogor mulai dipasarkan. Pengembang pada waktu itu membuat 2 (dua) rumah contoh yang saat ini rumah tersebut berlokasi di Blok VII. Kemudian pada akhir tahun itu pula PT. Sucofindo yang berlokasi di Jl. Raya Pasar Minggu Jakarta Selatan melakukan MOU dengan PT. Cibinong Griya Permai sebagai Pengembang Perumahan untuk dipasarkan kepada karyawan PT. Sucofindo (Blok IX dan X).
Sepanjang tahun 2000 terlebih dahulu dilakukan pembangunan rumah pada Blok IX dan X tersebut atau lebih dikenal dengan Blok Sucofindo, padahal dari sekitar 300an unit rumah hanya sepertiganya yang dipesan oleh karyawan PT. Sucofindo dan itupun tidak semuanya ditempati, jadi perlu diluruskan di sini bahwa Blok IX dan X merupakan bagian integral dari warga Taman Kenari Jagorawi.
Pada awal tahun 2001 hampir sebagian besar rumah di Blok IX dan X telah selesai dibangun, tetapi warga merasa ada sesuatu yang kurang sesuai dengan ‘site plan’ yang ditawarkan pihak pengembang yaitu adanya Musholla yang rencananya dibangun di belakang Blok IX (di sisi arcon yang berbatas dengan lahan Jasa Marga di pinggir tol).
Mungkin inilah kehendak Allah yang terbaik bagi warga muslim, ternyata site plan tersebut tidak dapat dilanjutkan karena setelah dilakukan pengukuran oleh Jasa Marga dan pihak pengembang ternyata area tersebut menjadi sangat sempit bahkan tidak memungkinkan untuk dibuat Musholla.
Dengan adanya kegigihan dari umat muslim saat itu dan karena Izin-Nya semata, maka Pihak Pengembang menawarkan untuk ‘tukar guling’ dengan ‘rest area’ yang saat ini menjadi lokasi berdirinya Masjid At Tammimah.
Alhamdulillah, dalam beberapa bulan Masjid tersebut dapat berdiri, dan nama At Tammimah diambil dari nama salah satu putra Direktur Teknik PT. Cibinong Griya Permai (Bp. Wahyu) yang kurang lebih berarti “kesempurnaan”. Kesempurnaan hanya milik Allah semata sedangkan manusia terutama umat muslim diwajibkan terus menerus bertekad menuju kesempurnaan dalam beribadah yaitu ‘hablun minallah’ serta ‘hablun minannaas’ (keseimbangan hubungan dengan Allah dan sesama manusia).
Mulai dibentuk Pengurus DKM
Pada tanggal 25 Zulhijjah 1422H atau bertepatan pada 9 Maret 2002M, dibentuk kepengurusan DKM At- Tammimah untuk periode 1423 H s/d 1424 H yang saat itu terpilih sebagai pengurus inti yaitu : Ketua : Ariady Arsal, Sekretaris : Andi Faisal dan Bendahara : Agung Himawan
Pada tanggal 15 Maret 2002 (02 Muharram 1423H) mulai diadakan kegiatan peringatan Tahun Baru Hijriah 1423 H – TKJ kegiatannya dipusatkan di Masjid At Tammimah diantaranya adalah aneka lomba serta Tabligh Umum.
Pada tanggal 27 Nopember 2004M / 14 Syawwal 1425H dikarenakan ‘hijrahnya’ Bapak Ariady Arsal ke Sulawesi Selatan, maka dibentuk Kepengurusan Baru DKM At Tammimah dengan Pengurus Inti : Ketua :  H. Ruchiyat, Sekretaris : Andi Faisal dan Bendahara : Aang Gunawan.
Berdirinya Yayasan Kaffah
Seiring dengan perjalanan waktu dengan didasarkan untuk memperlancar perawatan sarana dan prasarana masjid, pengembangan potensi masjid dan pemberdayaan umat, maka jamaah masjid At-Tammimah bersepakat untuk mendirikan sebuah Yayasan yang diberi nama “Yayasan Kaffah” yang diartikan bahwa untuk perjuangan Islam memang memerlukan totalitas / semangat menyeluruh dari jiwa, raga dan harta kita.
Kepengurusan Yayasan Kaffah yaitu : Pembina / Pendiri : Bapak H. Ruchiyat, Bapak A. Manan Rachim (Alm) dan Bapak Nanang Somantri. Pengurus : Ketua : Bp. Damiri, Sekretaris Umum : Bp. Andi Faisal dan Bendahara Umum : Bp. Aang Gunawan
Sedangkan untuk Pengelolaan Masjid At Tammimah diserahkan kepada Bidang Keagamaan yang sekaligus sebagai Ketua DKM At Tammimah yaitu Bapak Asdik Faishol.
Kepengurusan Yayasan ini dibentuk pada tanggal 20 Robiul Akhir 1426 H / 29 Mei 2005Muntuk Masa Kepengurusan 1426 – 1431 H (5 tahun).
Pada hari Ahad 29 Juni 2008 / 25 Jumadil Akhir 1429 H, Ketua DKM At Tammimah Bp. Asdik Faishol hijrah dari Perum. Taman Kenari Jagorawi menuju Puspasari Cluster.  Dikarenakan khawatir tidak bisa optimal dalam menangani Masjid At Tammimah, maka beliau mengundurkan diri dan terbentuklah pengurus baru sebagai berikut: Ketua : H. Yuki Eko Prasetyo  Sekretaris : Sodikin  Bendahara : Agus Yusuf

Kemudian dalam perjalanannya karena Bp. Sodikin pindah dari Taman Kenari Jagorawi pada 25 April 2009, maka Sekretaris DKM digantikan oleh Bp. Tatas Wihara Sukma sehingga susunan Pengurus DKM saat itu menjadi : Ketua : H. Yuki Eko Prasetyo, Sekretaris : Tatas Wihara Sukma dan Bendahara : Agus Yusuf
Pada tanggal 05 Desember 2010 diadakan pemilihan Ketua DKM yang baru dan berdasarkan amanat warga terpilih Bapak Sutanto menjadi Ketua DKM periode Muharam 1432H – Zulhijjah 1433H (2010-2012) dengan susunan Kepengurusan sebagai berikut: Ketua : Sutanto, Sekretaris : Fauzi Ridwansyah dan Bendahara : Agus Yusuf.
Dikarenakan Bapak H. Fauzi Ridwansyah diberikan amanat menjadi Sekretaris Yayasan Kaffah pada 10 Januari 2011, maka dilakukan perubahan susunan Kepengurusan menjadi sebagai berikut :
Pengurus DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) At Tammimah
Periode 2015-2020
Ketua : Hilal
Sekretaris : Fauzi
Bendahara : Andi Sunardi

Email : sekretariat@attammimah.com

Sampai sekarang rutinitas kegiatan di Masjid At-Tammimah berjalan normal seperti penyelenggaraan ibadah, acara Peringatan Hari Besar Islam, serta TPA yang bertujuan membina calon generasi penerus kita sejak dini.Selain itu pada malam tahun Baru Hijriah 1432H dibentuk Kepengurusan Remaja Masjid At Tammimah dengan Ketua Sdr. Alvin, dengan tujuan memberdayakan potensi generasi muda untuk giat / aktif ke masjid serta terlibat dalam berbagai kegiatan di Masjid At Tammimah.
Kegiatan lainnya yang rutin diadakan setiap tahun antara lain peringatan Hari Besar Islam yang dalam penyelenggaraannya berkoordinasi dengan Masjid / Musholla yang ada di Taman Kenari Jagorawi , bersama Masjid Al-Ashr, Musholla Al-Ikhlash, Masjid Ats-Tsamaniyah, Masjid Al-Furqon dan Musholla Al-Iqro. Dua acara rutin yang biasa dikoordinasikan antar Masjid/Musholla adalah acara Pelaksanaan Sholat Idul Fitri dan Idul Adha.
Semoga cita-cita kita untuk bersama-sama memakmurkan masjid mendapat Ridho dari Allah SWT, amin. Kami mohon maaf apabila terdapat kekeliruan dalam penulisan ini dan kami ucapkan jazakallah khairan katsiran kepada seluruh jamaah yang berperan aktif dalam memakmurkan Masjid At Tammimah yang kita cintai bersama. Marilah terus kita tingkatkan amal ibadah kita.

SesudahnyaBAHAYA DI BALIK JAJANAN ANAK

Berita Lainnya

0 Komentar